headerphoto .:: Selamat Datang di Official Website BKD Kulon Progo | Visi : Terwujudnya Sumber Daya Manusia Aparatur Yang Profesional, Beretika dan Sejahtera | Hati-hati Terhadap Penipuan Yang Mengatasnamakan BKD ::.

Penerimaan CPNS Tahun 2013

Rabu, 17 April 2013 08:15:30 - Oleh : SAP

Pengumuman Hasil Ujian CAT

Hasil Tes Kesamaptaan IPDN 2014

Kamis (25/9) Ujian CAT Bagi Pelamar CPNS Kulon Progo

Layanan Pro Aktif Taspen Hadir Di Wates

Tunggu Panselnas, Ujian CAT Diundur, 1217 Pelamar Dimohon Bersabar

Kamis (18/9) Pukul 14.00, Panitia Tidak Lagi Terima Berkas

 

Dengan banyaknya pertanyaan yang masuk di e-mail bkd@kulonprogokab.go.id terkait dengan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2013, admin web memandang perlu untuk memberikan informasi dari sumber di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mengenai hal tersebut.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Karir BKD Kabupaten Kulon Progo, Sarji, SIP, MAP saat ditemui admin web Selasa, 16 April 2013 menjelaskan bahwa Penerimaan CPNS adalah merupakan salah satu bagian dari upaya pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur pada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, selain melalui jalur lain yaitu mutasi baik masuk ke Kulon Progo maupun penataan antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), penyesuaian ijazah baik PI (Penyertaan Ijazah) maupun Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP), pemberian tugas belajar dan fasilitasi izin belajar.

Terkait dengan adanya pemberitaan yang mengatakan bahwa Kulon Progo telah mendapatkan persetujuan formasi dari Kementerian Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi, Sarji menampiknya. Sarji menjelaskan bahwa setiap kabupaten/kota sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 97 Tahun 2000 jo Peraturan Pemerintah Nomer 54 Tahun 2003 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Pasal 2 dinyatakan bahwa formasi Pegawai Negeri Sipil secara nasional setiap tahun anggaran ditetapkan oleh Menteri yang bertanggung jawab dibidang Pendayagunaan Aparatur Negara, setelah memperhatikan pendapat dari Menteri Keuangan dan pertimbangan dari Kepala Badan Kepegawaian Negara.

"Tidak benar kalau Pemerintah Kabupaten Kulon Progo sudah mendapatkan persetujuan formasi, kita baru sebatas mengusulkan, persetujuan formasi sepenuhnya menjadi kewenangan Menpan," tegasnya. Formasi yang diusulkan sendiri didasarkan pada urgensitas dan efektifitas yang meliputi pelayanan dasar meliputi tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis sejumlah 300 orang.

Ketika ditanya tentang apakah akan ada penerimaan CPNS pada Tahun 2013 ini, Sarji enggan berspekulasi. Secara analisis, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo masih terdapat kekurangan pegawai, namun disisi lain berdasarkan perhitungan besaran prosentase belanja pegawai Pemerintah Kabupaten Kulon Progo telah mencapai angka 62,67%. "Walaupun Moratorium (penundaan sementara penerimaan CPNS) sudah berakhir pada 31 Desember 2012, namun belum bisa dipastikan bahwa Kulon Progo akan mendapatkan persetujuan formasi, karena belanja pegawainya diatas 50%," tambah Sarji.

Lebih lanjut, Sarji menghimbau, bahwa penerimaan CPNS seperti ini biasanya sering dipergunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan modus penipuan yang seolah-olah dapat membantu untuk menghubungkan dengan orang-orang yang dapat meloloskan menjadi CPNS. "Jangan percaya kepada orang yang tidak bertanggung jawab, berhati-hati akan penipuan dengan modus ini, lebih baik bertanya dan mengkonfirmasikan kepada BKD," ujarnya.

Apabila ada penerimaan CPNS jalur umum pada Tahun 2013 ini, Sarji memastikan bahwa informasi tersebut akan dipublikasikan secara luas melalui pengumuman resmi baik di media cetak maupun di media online ini. BKD pada saat ini masih fokus menangani pengangkatan CPNS dari jalur tenaga honorer Kategori II sejumlah 266 orang. "Penerimaan CPNS Tahun 2013 dari jalur umum masih menunggu kebijakan Pemerintah Pusat, sementara ini masih fokus menangani K-II," pungkasnya.

Foto : Google

« Home | Kirim | Versi cetak

Berita Terpopuler

    *) 30 hari terakhir