K A R P E G ≠ K P E

Selasa, 10 Desember 2013 13:45:30 - Oleh :

Kartu Pegawai (KARPEG)

Workshop Peningkatan Kapasitas Aparatur bagi Pejabat Struktural Eselon IVa

Himbauan Untuk Menggunakan Pakaian Batik

PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO KEMBALI MENERIMA KUNJUNGAN PESERTA BENCHMARKING DIKLATPIM

KUNJUNGAN PESERTA BENCHMARKING DIKLATPIM TINGKAT IV ANGKATAN XI PKP2A III LAN KE KABUPATEN KULON PROGO

BKD Kabupaten Kulon Progo Laksanakan Ujian Sertifikasi Ahli PBJP dengan Mekanisme CAT

Seiring dengan akan adanya proses kenaikan pangkat PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk periode April 2014, mencuat banyak pertanyaan tentang Kartu Pegawai (KARPEG) yang dimana kartu tersebut menjadi salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi dalam pengajuan usul kenaikan pangkat. Sebelum berbicara lebih jauh ada baiknya kita mengenal apakah itu KARPEG? Mengingat ternyata masih banyak PNS yang belum memiliki Kartu Pegawai (KARPEG) atau bahkan tidak mengetahui apa itu Kartu Pegawai (KARPEG) dan apakah Kartu Pegawai (KARPEG) itu sama dengan Kartu Pegawai Elektronik (KPE).

Kartu Pegawai (KARPEG) adalah sebuah kartu yang diberikan kepada mereka yang telah berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil, atau dengan perkataan lain selama seseorang masih berstatus sebagai calon Pegawai Negeri Sipil, kepadanya tidak diberikan KARPEG. Kemudian Karpeg merupakan sebagai kartu identitas Pegawai Negeri Sipil, dalam arti bahwa pemegangnya adalah Pegawai Negeri Sipil. Karpeg berlaku selama yang bersangkutan menjadi Pegawai Negeri Sipil, atau dengan perkataan lain, apabila yang bersangkutan telah berhenti sebagai Pegawai Negeri Sipil, maka Karpeg dengan sendirinya tidak berlaku lagi.

ket : Contoh bentuk KARPEG

Karpeg ditetapkan secara terpusat oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara, bagi Pegawai Negeri Sipil baik bagi Pegawai Negeri Sipil Pusat maupun bagi Pegawai Negeri Sipil Daerah. Sehingga BKD Kabupaten Kulon Progo disini dalam kaitanya pengajuan usul KARPEG hanya sebagai fasilitator saja yang akan membantu PNSD untuk menyampaikan usulan permohonan penerbitan KARPEG ke BKN.

Adapun fungsi dan manfaat dari KARPEG selain sebagai identitas adalah berguna untuk keperluan administratif kepegawaian seperti untuk syarat kenaikan pangkat, pensiun dan lain-lain. Sehingga dengan kata lain sebagai seorang PNS maka kita wajib memiliki KARPEG mengingat kita tidak terlepas dari keperluan administratif kepegawaian yang sering kali mewajibkan atau mensyaratkan adanya KARPEG.

Selanjutnya perlu kita sampaikan juga berkaitan dengan Kartu Pegawai Elektronik (KPE). Kartu Pegawai Elektronik (KPE) merupakan kartu identitas pegawai yang kedepannya akan digunakan sebagai pengganti dari Kartu Pegawai (KERPEG) yang ada sekarang sebagai bukti diri seorang PNS. untuk lebih jelasnya mengenai Katu Pegawai Elektronik (KPE) kami sampaikan beberapa hal sebagi berikut :

Definisi KPE:

Kartu Identitas Pegawai Negeri Sipil yang memuat data PNS dan keluarganya secara elektronik. Diberikan kepada setiap PNS dan tetap berlaku setelah PNS yang bersangkutan pensiun dan KPE tambahan diberikan kepada suami/isteri dan anak dari penerima pensiun PNS.

Ket : contoh bentuk KPE

Manfaat kedepan KPE Bagi PNS :

  1. Mendapatkan kepastian fasilitas ASKES yang diperoleh;
  2. Mendapat kepastian besarnya tunjangan hari tua yang akan diperoleh dari Taspen;
  3. Dapat mengetahui profil dan updating data kepegawaian melalui KPE;
  4. Dapat mengetahui fasilitas bantuan Taperum;
  5. Mendapatkan kemudahan dalam pelayanan transaksi bank dan pembayaran gaji;
  6. Meningkatkan kesejahteraan PNS melalui cash back penggunaan KPE dalam transaksi di merchant;
  7. Dapat memanfaatkan anjungan KPE (e-Kios) yang tersedia di kantor PNS untuk berbagai macam transaksi yang pada gilirannya akan meningkatkan jam kerja produktif PNS;
  8. KPE tidak membebani PNS, tetapi sebaliknya memberikan kemudahan.

Namun mengingat hingga saat ini berkaitan dengan sarana-prasarana pendukung Kartu Pegawai Elektronik (KPE) belum bisa berfungsi semuanya (baru fungsi ATM saja yang sudah bisa digunakan) maka segala urusan administratif kepegawaian yang mensyaratkan adanya kartu pegawai masih menggunakan kartu pegawai model lama yaitu KARPEG bukan yang Kartu Pegawai Elektronik (KPE).

« Kembali | Kirim | Versi cetak