BKD Kulon Progo Bekali Anggota Satgas SPIP SKPD se Kabupaten Kulon Progo dengan Diklat

Selasa, 2 Agustus 2016 10:36:50 - Oleh : @ekokurniawati

Pembukaan Diklat SPIP oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan

Workshop Peningkatan Kapasitas Aparatur bagi Pejabat Struktural Eselon IVa

Himbauan Untuk Menggunakan Pakaian Batik

PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO KEMBALI MENERIMA KUNJUNGAN PESERTA BENCHMARKING DIKLATPIM

KUNJUNGAN PESERTA BENCHMARKING DIKLATPIM TINGKAT IV ANGKATAN XI PKP2A III LAN KE KABUPATEN KULON PROGO

BKD Kabupaten Kulon Progo Laksanakan Ujian Sertifikasi Ahli PBJP dengan Mekanisme CAT

BKD Kabupaten Kulon Progo kembali menyelenggarakan Diklat Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bagi 40 orang anggota satgas SPIP SKPD di lingkungan Pemkab Kulon Progo. Diklat serupa pernah dilaksanakan sebelumnya pada tahun 2014. Pelaksanaan diklat SPIP ini merupakan amanah dari PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP. SPIP menurut PP Nomor 60 Tahun 2008 adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Pembukaan diklat SPIP telah dilaksanakan Senin (01/08) dan dibuka oleh Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Eko Wisnu Wardhana, SE. Upacara pembukaan diklat diawali dengan penyampaian laporan oleh Kepala Bidang Diklat BKD, Nining Kunwantari, S.Sos., MA. Dalam laporannya, Nining melaporkan bahwa Diklat SPIP ini terselenggara atas fasilitasi dari Perwakilan BPKP DIY selaku instansi pembina SPIP di DIY. Ditambahkan pula bahwa diklat ini akan dilaksanakan selama lima hari, dimulai kemarin (01/08) sampai dengan 5 Agustus 2016 bertempat di Rosalia Indah Hotel, Jl. Veteran No. 180 A Yogyakarta.

“SPIP itu bukan sesuatu yang baru, SPIP itu melekat pada tupoksi kita masing-masing, tupoksi kita harus senantiasa dijiwai dengan SPIP. Jadi segala sesuatunya dilaksanakan dengan perencanaan yang baik, dilakukan secara terukur, terus menerus untuk mencapai suatu target tertentu. SPIP dilaksanakan mulai dari Top Manager beserta seluruh pegawai sampai dengan level paling bawah, dan sesuai porsinya masing-masing”. Demikian ungkap Kepala Perwakilan BPKP DIY, Tytut Ratih Kusumo dalam sambutannya di upacara pembukaan diklat kemarin (01/08).

Sementara Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Eko Wisnu Wardhana, SE dalam sambutan pembukaannya, menyampaikan agar setelah selesai mengikuti Diklat SPIP, para peserta diklat untuk segera melapor kepada pimpinan SKPDnya masing-masing serta mensosialisasikan kepada seluruh rekannya perihal apa yang telah diperolehnya selama mengikuti diklat. Dengan demikian SPIP akan dapat dipahami dan dilaksanakan bersama-sama oleh seluruh anggota SKPD, bukan hanya oleh anggota Satgas SPIP saja. (diklat-PTF)

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak